Thursday, August 16, 2018
Home > Artikel > Cara Cepat Mencari Jurnal Terindeks DOAJ

Cara Cepat Mencari Jurnal Terindeks DOAJ

Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah website ilmiah yang berisi daftar direktori jurnal akses terbuka (open access) dari semua dunia. DOAJ pertama kalinya di luncurkan th. 2003 di Kampus Lund Swedia, lantas di ambil alih pengelolaannya oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA) mulai sejak bln. Januari 2013.
DOAJ punya maksud jadi titik awal service rujukan serta materi ilmiah yang berbentuk open access (akses terbuka). Visibilitas serta keringanan akses jurnal ilmiah terbuka diinginkan bisa terangkat hingga juga akan tingkatkan penggunaan serta efek manfaat jurnal ilmiah tersebut secara detail.
Sekarang ini terdaftar sudah ada lebih dari 9000 judul jurnal terbuka yang tercatat, datang dari 130 negara dengan lebih dari 2, 2 juta artikel ilmiah. Dari keseluruhnya karya ilmiah itu ada lebih dari 41 ribu karya ilmiah yang datang dari Indonesia.
Layanan
Service paling utama DOAJ disiapkan lewat pencarian artikel atau jurnal. Ada pula sarana pencarian lanjut (Advanced Search) untuk temukan artikel/jurnal ilmiah dengan lebih mendalam. Pengunjung bisa lakukan penyaringan atas jurnal yang di cari berdasar pada persyaratan pencarian yang disiapkan.
Hasil pencarian juga akan menghadirkan judul artikel/jurnal terbuka yang di cari bersama ISSN, URL asal jurnal, peer review, type peer review yang dipakai, subyek, klasifikasi jurnal, tanggal ditambahkan, dan lisensinya. Ada pula atribut beda seperti DOAJ Seal (untuk jurnal dipilih) serta atribusi warna hijau untuk jurnal terbuka yang di terima sesudah bln. Maret 2014, waktu DOAJ mengimplementasikan system penerimaan jurnal baru.
Terkecuali lewat sarana pencarian, karya ilmiah dapat juga diketemukan dengan memakai sarana pencarian (Browse) menurut subyeknya. Butuh diingat kalau system pencarian yang digunakan memakai JavaScript, hingga aplikasi peramban (browser) yang dipakai mesti mensupport JavaScript supaya feature pencarian berperan dengan baik. Penayangan hasil pencarian juga butuh menanti sebagian waktu karna pemakaian JavaScript itu.
Kontrol kwalitas di DOAJ
Pihak DOAJ sudah mengaplikasikan kebijakan ketat supaya jurnal serta penerbit yang di terima tetaplah berkwalitas. System kontrol kwalitas dikerjakan lewat peer review berjenjang yang dengan berkala mengevaluasi jurnal yang tercatat.
DOAJ tidak memakai arti jurnal/penerbit predator tetapi menggunakan arti jurnal yang ‘dipertanyakan’. DOAJ juga tidak buat daftar hitam (blacklist) atas jurnal/penerbit yang tampak kurang memberikan keyakinan, bahkan juga memberi anjuran – bila disuruh – mengenai bagaimana langkahnya tingkatkan kwalitas terbitan jurnal/publikasi ilmiah hingga dapat penuhi standard ilmiah.
Satu diantara contoh sistem penambahan kwalitas yang dikerjakan oleh DOAJ yaitu dengan lakukan penghilangan pada sekitaran 3300 jurnal yang terlebih dulu sudah tercatat. Jurnal-jurnal itu dihapus karna beragam argumen seperti berikut :

tak akan berbentuk akses terbuka
tidak aktif sekali lagi (tidak lakukan publikasi dalam satu tahun paling akhir)
tidak mempublikasikan cukup artikel ilmiah dalam satu tahun terakhir
berhenti lakukan penerbitan
website situs (URL) jurnal tak akan dapat diakses
ada bukti ketidakberesan dalam editorial
penerbit jurnal tidak mendaftar ulang dalam periode yang ditentukan
tidak ikuti best practice (tata langkah praktek paling baik) yang diputuskan

Terkecuali menghapus publikasi jurnal yang bermasalah, DOAJ juga memberikan koleksi karya ilmiah baru. Diinginkan dengan semuanya sistem itu jadi jurnal serta artikel ilmiah yang tercatat bisa dipertanggungjawabkan serta disadari dengan ilmiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!