Home > matematika > Permainan Matematika Logika dan Penalaran Siswa

Permainan Matematika Logika dan Penalaran Siswa

Permainan matematika ini sangat cocok untuk membuka pelajaran matematika yang bertujuan untuk mengecek kesiapan belajar siswa. Permainan matematika mengajar siswa untuk berkonsentrasi di awal pembelajaran sehingga siswa dapat terbiasa berkonsentrasi dalam pembelajaran matematika selanjutnya. Di sisi lain, permainan matematika atau ice breaking matematika menciptakan kesiapan belajar siswa, sehingga sesuatu yang mengganggu belajar dapat dikendalikan atau disingkirkan terlebih dahulu.

Dalam postingan kali ini, akan diberikan contoh permainan matematika logika dan penalaran. Permainan logika matematika ini dibuat dengan bentuk cerita dan diakhiri dengan masalah matematika. Sehingga siswa dituntu benar-benar untuk berkonsentrasi saat mendengarkan cerita permainan logika matematika tersebut.

langsung saja simak permainan logika matematika berikut ini.

Onwardono dan Riyanto gemar berjualan baju melalui media online. Mereka memiliki toko online untuk menjual baju-baju. Awalnya baju yang dimiliki mereka dapatkan dari membeli baju di toko lain kemudian dijual kembali lewat toko online mereka. Hari ini onwardono menceritakan kekesalannya kepada riyanto. Onwardono telah menjual 2 baju dengan harga masing-masing Rp. 75.000,. Dari baju yang kesatu memperoleh laba 25% sedangkan dari baju kedua memperoleh rugi 25%. Onwardono merasa bahwa hari ini mengalami kerugian. Riyanto menanggapi kejadian tersebut dan memberikan tanggapan bahwa Onwardono tidak mengalami kerugian atau impas karena laba 25% dan rugi 25% (impas). Rugi bagaimana sudah jelas saya rugi ko! (jelas Onwardono).

Menurut Anda siapa yang benar? apakah Onwardono atau Riyanto?

Ajaklah siswa untuk selalu bernalar dari masalah tersebut. Apakah benar-benar rugi atau impas atau malah untung.

 

Onwardono Benar. Karena baju yang memberikan keuntungan 25% dibeli dengan harga Rp. 60.000,- (Rp. 75.000,- = Rp. 60.000,- + untung 25%.), Kemudian baju yang kedua yang mengalami kerugian 25% dibeli dengan harga Rp. 100.000,- (Karena Rp. 75.000,- = Rp. 100.000 – rugi 25%).

 

Bagaimana menurutmu?

 

Sekian artikel permainan logika matematika atau permainan penalaran matematika.

Related Seacrh:

teka teki matematika smp

teka teki hitungan logika

teka teki logika sederhana

permainan teka teki matematika

teka teki logika gambar

teka teki matematika bergambar

teka teki logika lucu dan jawabannya

teka teki angka logika

2 thoughts on “Permainan Matematika Logika dan Penalaran Siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *