Tuesday, December 18, 2018
Home > Karya Ilmiah > Cara Cepat Mencari Ide Judul Penelitian Skripsi

Cara Cepat Mencari Ide Judul Penelitian Skripsi

Cara mencari judul penelitian untuk mahasiswa S1

Cara ini sengaja dibuat khusus untuk mahasiswa S1 yang akan mengerjakan proposal skripsi. Hal yang terjadi pada mahasiswa semester 6 adalah kebingungan untuk mencari dan menentukan judul skripis mereka. Seyogyanya judul penelitian skripsi diperoleh dari masalah pembelajaran/pendidikan yang ada kemudian dibuatlah suatu judul penelitian. Namun tidak sedikit dari mahasiswa lebih cenderung membuat proposal skripsi melihat dan mencari judul penelitiannya dahulu kemudian dibuat proposalnya. Tentunya kedua hal ini akan memiliki akibat yang berbeda.
Pada postingan artikel ini, saya berusaha berbagi trik untuk mahasiswa S1 yang ingin membuat judul penelitian skripsi. Mahasiswa dapat menentukan judul penelitian melalui cara membaca berbagai judul penelitian yang ada sejak dahulu. Untuk membaca judul-judul skripsi maka mahasiswa perlu pergi ke perpustakaan, namun cara ini kurang maksimal untuk beberapa mahasiswa yang agak malas pergi ke perpustakaan. Silakan baca lebih lanjut postingan di bawah ini.
Judul-judul skripsi yang ada tentunya tidak boleh digunakan sama persis oleh mahasiswa untuk dijadikan judul penelitian skripsi, karena akan membuat kecenderungan isi skripsi tersebut kepada skripsi yang sudah ada. Sehingga peluang kesamaan isi lebih besar. Oleh karena itu, mahasiswa perlu menentukan dan memilah antara yang ingin diteliti dan akibat terhadap yang diteliti.
Cara cepat menentukan judul skripsi adalah membaca berbagai referensi judul jurnal penelitian yang ada di internet. Manfaatkan internet sebagai media referensi untuk meninjau judul penelitian yang sudah ada. Bagaimana mencari judul penelitian yang sudah ada?… sebelum mencari judul penelitian diinternet, hal perlu dilakukan oleh mahasiswa adalah memiliki satu kajian yang ingin diteliti pada skripsinya nanti. Misalkan mahasiswa A ingin sekali meneliti tentang berpikir kreatif. Sehingga akan dicari judul penelitian tentang berpikir kreatif.
Kita bisa memanfaatkan google schoolar untuk mencari judul penelitian yang hendak dibuat. Google scholar memberikan banyak ide penelitian dari berbagai penelitian yang pernah diteliti sebelumnya. Dengan membaca banyak judul penelitian maka mahasiswa akan memiliki tambahan ide mengenai judul penelitiannya. Berikut ini adalah cara menggunakan google scholar untuk mencari ide judul penelitian.
Buka website google scholar
Ketikkan kata kunci yang akan dicari, seperti yang dicontohkan diatas. Misal ketikkan: berpikir kreatif matematika, kemudian tekan enter
Google scholar akan menampilkan banyak referensi judul mengenai berpikir kreatif matematika


Perhatikan judul-judul yang ada di google scholar, baca dengan teliti dan temukan ide setelah membaca beberapa judul tadi.
Mahasiswa akan mendapatkan ide seperti, meninjau berpikir kreatif berdasarkan jenis kelamin, berdasarkan gaya belajar, berdasarkan gaya kognitif, berdasarkan model pembelajaran dan masih banyak yang lainnya tergantung mahasiswa.

Sekian postingan ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Jangan lupa tinggalkan komentar dan share artikel ini agar teman lainnya membaca juga.

 

4 thoughts on “Cara Cepat Mencari Ide Judul Penelitian Skripsi

  1. artikelnya sangat bermanfaat.. dan semoga membuat saya termotivasi untuk mencari judul skripsi yang baik.. 🙂

  2. artikelnya sangat bermanfaat.. dan semoga membuat saya termotivasi untuk mencari judul skripsi yang baik.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!