Tuesday, June 19, 2018
Home > Artikel > Cara Mengecek Keabsahan Ijazah dari Kemenristekdikti

Cara Mengecek Keabsahan Ijazah dari Kemenristekdikti

onwardono.com — Pada postingan kali ini saya ingin membagikan bagaimana caranya mengecek keabsahan ijazah yang kita miliki. Semoga artikel ini memberikan manfaat kepada para pembaca semuanya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa betapa pentingnya sebuah ijazah perguruan tinggi untuk melamar pekerjaan perusahaan, pendaftaran pns atau melanjutkan pendidikan ke magister atau doktoral. Saat ini para pimpinan instansi dapat mengecek keabsahan ijazah melalui database forlap dikti. Cara mengecek keabsahan ijazah ini melalui aplikasi berbasis website yang berhasil dikembangkan oleh Ristekdikti Bidang Belamawa. Website ini diberi nama atau slogan SIVIL yang merupakan singkatan dari Sistem Verifikasi Data secara Elektronik. Dengan adanya website sivil ini para alumni, pimpinan perusahaan, kepala sekolah dan para stakeholder lainnya atau masyarakat Indonesia pada umumnya dapat mengecek keaslian ijazah yang dimilikinya.

Data yang ditampilkan pada website sivil ini mengambil dari pangkalan data Dikti. Dimana untuk seluruh institusi pendidikan wajib melaporkan peserta didik yang ada. Himbauan dari ditjen belmawa kemenristekdikti terkait hasil pencarian ijazah yang tidak ditemukan maka perlu menghubungi instansi atau perguruan tinggi.

Untuk memastikan keabsahan ijazah anda, pastikan nomor ijazah anda dapat diverifikasi melalui SIVIL. Pastikan anda mengisi Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar. Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.

Berikut ini adalah cara mengecek keabsahan ijazah versi ditjen Belamawa Kemenristekdikti:

Pertama, kunjungi situs SIVIL yaitu DISINI

Kedua, persiapkan data nomor ijazah.

Ketiga, isi data formulir yang disediakan oleh website sivil. Isi nama perguruan tinggi, nomor ijazah , dan ketik hasil angka pengaman, yaitu hasol perhitungan sederhana yang ada di dalam formulir

Keempat, klik Verifikasi dan lihat hasilnya

Sekian postingan ini, semoga dapat bermanfaat. jangan lupa share jika artikel website ini dapat bermanfaat dan membantu kepada teman sejawat agar dapat mempergunakan website sivil tersebut.

Website ini mungkin saja merupakan lanjutan dari forlap dikti beberapa bulan yang lalu, dari data yang sudah terhimpun maka dibuatlah website SIVIL untuk mengecek ijazah secara elektronik.

Terima kasih telah berkunjung, Silakan isi kolom komentar jika dibutuhkan.

2 thoughts on “Cara Mengecek Keabsahan Ijazah dari Kemenristekdikti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!