Monday, September 24, 2018
Home > Artikel > MENGENAL SIAPA ITU SINTA…

MENGENAL SIAPA ITU SINTA…

Berdasarkan pengertian yang ada di laman ristekdikti, bahwa SINTA adalah kepanjangan dari Science and Technology Index merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek. Berikut ini laman SINTA http://sinta2.ristekdikti.go.id

Dilansir dari halaman ritekdikti bahwa SINTA merupakan kepanjangan dari Science and Technology Index, adalah sebuat sistem portal online yang berkaitan dengan pengukuran kinerja suatu ilmu pengetahuan dan teknologi seperti kinerja dosen atau peneliti, penulis buku. kinerja tim jurnal dan IPTEK institusi. Dari sitem SINTA ini kinerja kampus dinilai berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh SINTA. Jadi SINTA ini adalah sistem penilaian evaluasi diri dosen dan institusi yang dikembangkan oleh Ristekdikti.

Di laman SINTA ini, pengunjung biasanya mencari predikat jurnal nasional terakreditasi dan mencari jurnal yang memiliki reputasi terbaik sesuai penilaian tim SINTA. SINTA memiliki Grade atau tingkatan atau klasifikasi jurnal akredinasi nasional yang terbagi menjadi 6 kategori yaitu S1, S2, S3, S4, S5 dan S6. Di SINTA saat ini telah memiliki 2172 Jurnal yang telah dinilai dan telah dikategorikan berdasarkan 6 kategori tadi.

Sinta -1 Jurnal terakreditasi A dengan nilai 85-100, atau terindeks di Scopus
Sinta -2 Jurnal terakreditasi B dengan nilai 70-85
Sinta -3 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 60-70
Sinta -4 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 50-60
Sinta -5 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 40-50
Sinta -6 Jurnal yang sudah melakukan evaluasi diri di Arjuna dan diverifikasi dengan nilai 30-40

Dirujuk langsung dari web ristekdikti bahwa penilian jurnal akreditasi adalah:

Subdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti akan menugaskan Empat Asesor Akreditasi yang terdiri dari dua penilai konten dan dua penilai manajemen untuk menilai jurnal yang masuk ke Arjuna Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual. Hasil penilaian tim asesor dengan Nilai 70-85 akan dikategorikan Akreditasi B dan masuk sebagai jurnal dengan kategori Sinta 2 dan jurnal dengan nilai >85 akan dikategorikan Sinta 1. Jurnal yang telah terindeks di Scopus atau Web of Science baik terakreditasi maupun tidak akan dikategorikan Sinta 1.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!