Monday, September 24, 2018
Home > Jurnal > 7 Cara Mencari Jurnal Nasional dan Internasional Gratis

7 Cara Mencari Jurnal Nasional dan Internasional Gratis

onwardono.com  — Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara dan trik mencari referensi penelitian melalui internet. Di zaman yang sudah canggih saat ini, tidak sedikit mahasiswa, dosen dan peneliti yang mencari sumber referensi menggunakan internet. Referensi yang diperoleh dari internet juga harus memiliki kualitas dan dari sumber yang terpercaya. Berikut ini adalah himpunan source atau sumber halaman digital yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat mencari referensi karya ilmiah baik dalam negeri maupun luar negeri. Langsung saja lihat daftar 7 sumber rujukan karya ilmiah di bawah ini:

1.Sinta, adalah sebuah website yang dikelola oleh kemenristekdikti dimana mewadahi semua penerbitan jurnal online (ojs) yang ada di Indonesia. Sinta memiliki database penerbit jurnal yang terakreditasi terbaik hingga biasa saja, yang dikategorikan sebagai S1,S2,S3,S4,S5,S6.

2.Portal Garuda, merupakan sebuah portal halaman penghimpun jurnal-jurnal di Indonesia. Dahulu portal garuda sempat menjadi rujukan jurnal populer dan sebagai mesin pengindeks jurnal di Indonesia. Sampai saat ini portal garuda masih eksis dengan alamat website yang baru. Sepengalaman penulis, portalgaruda masih menjadi tempat tujuan untuk mencari referensi jurnal, namun harus teliti dalam memilih jurnal yang memiliki isi yang bagus dan bereputasi asal penerbitannya. Maksudnya adalah carilah jurnal yang memiliki identitas lengkap seperti nama penulis, judul, penerbit, tahun terbit volume nomor.

3.Google Scholar, yang satu ini merupakan website pengindeks yang dimiliki oleh perusahaan google. Para penerbit jurnal Indonesiapun banyak yang mendaftarkan jurnal mereka di mesin pengindeks ini. Oleh karena itu, google scholar bisa dijadikan tempat memancil jurnal untuk referensi karya ilmiah. Google scholar hanyalah pengindeks jurnal sehingga halaman asli jurnal bisa bermacam-macam.

4.DOAJ, adalah Direktori Jurnal Akses Terbuka diluncurkan pada 2003 di Lund University, Swedia, dengan 300 jurnal akses terbuka dan hari ini berisi hingga 10.000 jurnal yang mencakup semua bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kedokteran, ilmu sosial dan humaniora. DOAJ (Directory of Open Access Journals ) adalah daftar jurnal akses terbuka yang dikelola komunitas dan bertujuan menjadi titik awal untuk semua pencarian informasi untuk kualitas, materi akses terbuka yang ditinjau oleh rekan sejawat. Untuk membantu pustaka dan pengindeks agar daftar mereka tetap terbaru, kami mengumumkan daftar jurnal yang telah diterima atau dihapus dari DOAJ tetapi kami tidak akan membahas detail spesifik aplikasi dengan siapa pun selain dari pemohon. Kami juga tidak akan membahas masing-masing penerbit atau aplikasi dengan anggota masyarakat kecuali kami percaya bahwa, dengan melakukan itu, kami akan memberikan kontribusi positif kepada komunitas akses terbuka.

5.Scirencediret, yaitu portal penerbitan jurnal berkala yang dipelopori oleh Elsevier. Ribuan jurnal Elsevier, artikel dan bab buku tersedia di ScienceDirect sebagai akses terbuka. Untuk daftar lengkap, kunjungi halaman sains terbuka Elsevier. Baik melakukan tinjauan subjek yang luas atau analisis mendalam, buku dan jurnal bekerja secara harmonis untuk memberi para peneliti pengetahuan, menambah wawasan dan membantu menemukan teori baru

6.Repository, bisa disebut juga sebagai perpustakaan online yang dikelola oleh masing-masing kampus. Oleh sebab itu, repository memiliki nama lain digib, lib, atau repo. Penamaan dan singkata tergantung kampus masing-masing. Repository juga sebagai tempat mencari sumber rujukan seperti skripsi, thesis, disertasi ataupun makalah dosen. Repository menyediakan link download yang terbatas untuk skripsi, thesis atau disertasi seperti hanya bisa mendownload beberapa bab saja. Namun demikian, repository dapat membantu menyusun referesi karya ilmiah yang sedang kita garap.

7.Scimagojr (SJR), atau kepanjangan dari SCImago Journal & Country Rank adalah portal yang tersedia untuk umum yang mencakup jurnal dan indikator ilmiah tiap negara yang dikembangkan dari informasi yang terdapat dalam database Scopus® (Elsevier B.V.). Indikator-indikator ini dapat digunakan untuk menilai dan menganalisis domain ilmiah. Jurnal dapat dibandingkan atau dianalisis secara terpisah. Peringkat negara juga dapat dibandingkan atau dianalisis secara terpisah. Jurnal dapat dikelompokkan berdasarkan area subyek (27 area tematik utama), kategori subjek (313 kategori subjek spesifik) atau menurut negara. Data kutipan diambil dari lebih dari 34.100 judul dari lebih dari 5.000 penerbit internasional dan metrik kinerja negara dari 239 negara di seluruh dunia.Platform ini mengambil namanya dari indikator SCImago Journal Rank (SJR), yang dikembangkan oleh SCImago dari algoritma Google PageRank ™ yang dikenal luas. Indikator ini menunjukkan visibilitas jurnal yang terdapat dalam database Scopus® sejak tahun 1996.

Sekian postingan saya kali ini mengenai cara mencari sumber jurnal terpercaya sebagai rujukan penelitian atau karya ilmiah. Orang lain mencari artikel ini dengan kata kunci: cara mencari jurnal untuk skripsi, cara mencari jurnal internasional, cara mencari jurnal di google scholar, cara mencari jurnal nasional gratis, cara mencari referensi jurnal, cara mencari jurnal kesehatan, cara mencari jurnal issn, cara mencari jurnal internasional di google scholar.

Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!