Friday, October 19, 2018
Home > REFERENCES > CARA MENULIS PENGARANG JURNAL DI MENDELEY

CARA MENULIS PENGARANG JURNAL DI MENDELEY

Onwardono.com—Selamat malam semua… Semangat selalu bagi para pejuang ilmu, terus belajar-membaca-dan berkarya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan dan keselamatan di dunia dan di akhirat bagi kita semuanya Amin Ya Rabbal’alamin…
Pada kesempatan ini, ijinkan saya untuk berbagi cara menulis penulis/pengarang jurnal atau buku di software mendeley. Referensi jurnal atau buku tentunya memiliki jumlah penulis yang berbeda-beda, ada suatu jurnal yang jumlah penulisnya tiga, empat bahkan lima. Begitu pula dengan buku yang dikarang oleh beberapa penulispun pasti ada.
Taukah kamu, bahwa ada dua cara menuliskan pengarang/penulis di mendeley.
Cara pertama,
Penulis dengan jumlah kata dua atau lebih ditulis sesuai nama asli tanpa tanda koma. Lihat gambar di bawah ini.
Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire
Seperti contoh di atas bahwa nama asli Andi Mariani Ramlan, dan perhatikan kolom mendeley yang di sebelah kanan. Di software mendeley kamu bisa menuliskan dengan cara menuliskan nama lengkap tanpa tanda koma.
Cara kedua,
Penulis dengan jumlah kata dua atau lebih ditulis terbalik urutannya dan dipisahkan dengan tanda koma. Untuk lebih jelas lihat gambar berikut ini.

Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

Nama penulis jurnal asli adalah Andi Mariani Ramlan. Sedangkan pada kolom sebelah kanan yaitu di kolom mendeley kamu dapat menuliskan menggunakan cara dibalik yaitu kata paling belakang ditaruh di depan seperti membuat daftar pustaka pada umumnya dan jangan lupa pisahkan dengan titik koma.
Ingat jika jurnal atau buku dikarang/dibuat oleh satu penulis yang jumlah kata namanya dua kata atau lebih maka cara menuliskan pengarang di mendeley dengan cara MENULISKAN NAMA LENGKAP TANPA DIBALIK ATAU DI BALIK DENGAN DIPISAHKAN OLEH TANDA KOMA.
Bagaimana jika penulisnya dua atau tiga atau lebih?
Nah… pertanyaan tersebut akan dijawab melalui gambar di bahwa ini jadi perhatikan ya..
Simple, Free Image and File Hosting at MediaFire

Nama jurnal atau buku yang ditulis oleh dua orang atau lebih maka cara menuliskan referensi di mendeley dengan cara menekan tombol enter. Dan selalu ingat nama tiap penulis ditulis dengan benar seperti yang sudah diajarkan pada gambar awal di atas.
Penulis dengan teks asli:
Luhputuwidya Adnyani, Indra Kurniawan, Ek Ajeng Rahmi Pinahayu

Cara pertama menuliskan tanpa dibalik namanya dan menggunakan enter di mendeley yaitu:
Luhputuwidya Adnyani
Indra Kurniawan
Ek Ajeng Rahmi Pinahayu

Atau cara kedua dengan nama dibalik, menggunakan koma dan enter
Adnyani, Luhputuwidya
Kurniawan, Indra
Pinahayu, Ek Ajeng Rahmi

Tidak susah kan membuat referensi di mendeley? Artikel ini khusus membahas trik menuliskan penulis jurnal di mendeley. Apabila masih bingung atau punya pertanyaan lain seputar mendeley silakan bisa mengajukan pertanyaan.
Terima kasih telah berkunjung di webiste onwardono[dot]com. Semoga artikel ini bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!